Tari Jaipongan

Tari jaipongan

Tari Jaipongan adalah sebuah tarian hasil kreativitas seniman Bandung yang bernama Gugum Gumbira pada tahun 1970-an. Tari Jaipongan terkenal dengan keindahan gerakannya yang bervariasi, seperti gutak, geol, dan goyangannya. Meskipun terkenal karena gerakannya, namun jaipongan adalah sebuah pertunjukan tarian yang rancak, indah, eksotis, dan jauh dari kesan seronok.

Oleh karena itu, saat terjadi perdebatan di kalangan masyarakat yang menuntut agar Tari Jaipongan ditiadakan, sontak para penggiat seni Jawa Barat bersuara lantang dan meolaknya, karena bagaimanapun juga Jaipongan adalah salah satu kekayaan budaya. Kalau pun ada yang beranggapan bahwa gerakannya mengandung pornografi, itu hanya pandangan mereka saja yang salah.

Tari jaipongan sendiri adalah tari pergaulan rakyat dengan gerakan energik yang ditarikan oleh perempuan muda. Tari ini terkadang diidentikkan dengan ronggeng yang erotis. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena tari jaipongan itu sedikit banyak terinspirasi oleh tarian ronggeng, tarian kliningan, serta tarian ketuk tilu.

Berbeda dengan tari merak yang bernuansa kerajaan dan lebih berkelas, gerakan pada tari jaipongan terlihat lebih luwes, lebih bebas, dan lebih tidak kaku karena ini adalah bentuk tarian rakyat yang tidak terpengaruh oleh nilai-nilai kebangsawanan apalagi nilai-nilai kesenian Hindia Belanda.

Penari jaipongan melenggokkan tubuhnya diiringi alunan musik yang ceria dan penuh semangat. Terkadang alunan musik ini dilengkapi dengan suara merdu nyanyian sinden. Jaipongan sempat menghiasi layar kaca Indonesia pada tahun 1980-an dan memiliki banyak penggemar sebelum akhirnya dikecam karena dianggap erotis.

Saat ini, tari jaipongan telah menjadi identitas Jawa Barat, bahkan Indonesia. Tidak jarang tamu asing disambut dengan tarian ini ketika mengunjungi Jawa Barat. Bahkan dalam berbagai misi kesenian Indonesia ke mancanegara, tari jaipongan sering kali melengkapi pertunjukan.

***

Sumber: anneahira.com | Foto: kotamanusia.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>